1. Peringatan World Ocean Day 2024 bertepatan dengan hari Sabtu, 08 Juni 2024. Tema aksi peringatan Hari laut sedunia tahun 2024 yang dikutip dari https://worldoceanday.org/  adalah Catalyzing Action for Our Ocean & Climate. Peringatan dengan tema aksi adalah mengkatalisasi tindakan secara kolektif untuk laut dan iklim.  Kondisi laut dan iklim kita saat ini titik perhatian kita untuk bertindak secara bersama-sama. Sudah sepantasnya kita sebagai negara yang memiliki  lautan luas dengan semua kekayannya menjadi yang terdepan dalam pengelolaan laut dan upaya mitigasi perubahan iklim. Upaya yang dapat dilakukan adalah kita memperkuat eksplorasi untuk memahami lautan dan menjaga lautan sebagai jantung planet bumi melalui pengelolaan yang bertanggung jawab.

Peringatan hari laut sedunia menjadikan kita refleksi diri sebagai negara kepulauan yang memiliki wilayah laut yang sangat luas. Pengakuan luasan lautan di Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang. Pada tanggal 13 Desember 1957 telah lahir deklarasi Djuanda yang berisi tentang penegakkan kedaulatan Indonesia atas wilayah lautnya. Sebelumnya wilayah laut Indonesia diakui mengikuti Belanda yaitu berdasarkan Territoriale Zeeen en Maritieme Kringen Ordonantie (TZMKO) tahun 1939 yaitu hanya diperhitungan memiliki luas 3 mil dari garis pantai yang mengelilingi pulau-pulaunya. Deklarasi Djuanda diakui dan ditetapkan dalam Konvensi Hukum Laut PBB atau United Nation Convention on Law of the Sea (UNCLOS) tahun 1982. Perjalanan panjang sejarah, telah menghadirkan Indonesia sebagai negara dengan kedaulatan penuh atas wilayah lautnya. 

Saat ini perjuangan harus tetap dilanjutkan oleh kita semua sang anak bangsa. Bertepatan dengan peringatan hari laut sedunia kita implementasikan tindakan nyata memberikan kebermanfaatan kepada laut dan iklim dunia. Memanfaatkan tanpa merusak yaitu dengan pengelolaan bijak dan berkelanjutan. Wallahu A'lam Bishawab (080624-AKU-Faperta).