Kegiatan penguatan kompetensi mahasiswa  di Program Studi Akuakultur, Fakultas Pertanian, Universitas Djuanda salah satunya dilakukan dengan program Kuliah Kerja Lapang. Program KKL dalam bentuk mata kuliah 4 sks wajib diambil oleh mahasiswa yang telah lulus minimal 100 SKS.  KKL bertujuan memberikan penguatan praktek langsung pada instansi yang dipilih sebagai lokasi KKL. Diharapkan dengan kegiatan ini mahasiswa lebih siap terjun ke lapangan kerja dengan penguasaan teori dan pratik yang seimbang dan meningkatkan daya saing lulusan.

Upaya melakukan monitoring pencapaian tujuan tersebut Program Studi Akuakultur, Fakultas Pertanian, Universitas Djuanda melakukan visitasi KKL. Visitasi dilakukan oleh dosen pembimbing sebagai langkah strategis untuk monitoring kompetensi mahasiswa KKL. Hari Rabu, 16 Agustus 2023 dilakukan visitasi KKL di Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar dan Penyuluhan Perikanan Kementerian Keluatan dan Perikanan yaitu di Instalasi Riset Plasma Nutfah Perikanan Air Tawar, Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Pada balai riset ini mahasiswa mengikuti semua siklus pembenihan berbagai jenis ikan. Mahasiswa menempati divisi-divisi komoditi ikan tertertentu berdasarakan arahan oleh dosen pembimbing dan pembimbing lapangan. Dr. Eko Rini Farastuti, M.Si selaku Kaprodi Akuakultur menyampaikan bahwa visitasi KKL ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui peran aktif mahasiswa dalam semua siklus kegiatan. Selain itu kegiatan ini juga untuk dapat melihat  kesiapan mahasiswa sesuai bidang fokus keahlian agar dapat memiliki daya saing lulusan yang tinggi. Kompetensi mahasiswa yang baik saat praktek di lapangan dapat membantu memberikan gambaran kualitas Prodi. Bismillah Prodi Akuakultur akan melakukan berbagai upaya meningkatkan daya saing lulusan. (200823-AKU-KKL)

Keyword: Daya saing, Keahlian, Kompetensi lulusan, Perikanan budidaya