Alhamdulillah, Program Studi Akuakultur, Fakultas Pertanian, Universitas Djuanda berhasil menorehkan catatan prestasi melalui kompetisi internasional.  Tim Prodi Akuakultur  (Prodi AKU) berhasil mendapatkan medali perak pada ajang International Research Project Olympiad (IRPrO) 2023 yang diselenggarakan oleh Indonesian Scientific Society secara virtual. Kompetisi ini diikuti oleh 18 negara dan 120 kelompok yang berjuang untuk menyajikan project research di babak final. Kompetisi dimulai dari tanggal 1 Agustus 2023 hingga pengumuman pemenang pada tanggal 20 Agustus 2023.

Tim ini dibawah bimbingan Dr. Eko Rini Farastuti, M.Si dan diketuai oleh Aisyah Nur Divianti dengan anggota Rina Natasha dan Rafly Abdillah.  Mereka merupakan mahasiswa Prodi AKU semester 2-6. Tema yang diangkat pada kompetisi ini tentang inovasi dibidang perikanan budidaya yaitu menggantikan hormon sintetik dengan hormon yang berasal dari bahan alami pada siklus reproduksi ikan. Sistem seleksi yang ketat dan kemampuan memaparkan materi dengan baik menjadi tantangan tersendiri bagi tim ini.

Pada kesempatan lain Dr. Eko Rini Farastuti, M.Si selaku Kaprodi AKU menyampaikan kegiatan ini merupakan ajang melatih para mahasiswa untuk berinovasi dan berkontribusi bidang perikanan khususnya bidang akuakultur pada kancah internasional. Perolehan prestasi di dunia internasional ini merupakan yang pertama di Prodi AKU sehingga ini menjadi triger agar kita dapat mengikuti ajang serupa yang berpeluang mendapatkan prestasi. Bismillah Prodi Akuakultur akan melakukan berbagai upaya meningkatkan daya saing lulusan. (210823-AKU-IRPrO).

Keyword: Aquaculture, IRPrO, Syntehetic hormones, Silver award