Alhamdulillah, pada event Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bogor 2023 Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Djuanda menorehkan prestasi gemilang lewat inovasi-inovasi terkini. Dua buah inovasi dari mahasiswa fakultas ini sukses menyabet juara II dan III pada kategori inovasi mahasiswa. Vian Eko Prasetyo (Mahasiswa Prodi Peternakan) melalui bimbingan drh. Annisa Rahmi, M.Si mengusung judul inovasi “Susu kambing pasteurisasi aneka rasa” sukses meraih juara II. Tak kalah prestasi dari Gugus Candella dan Prato Widodo Situmorang (Mahasiswa Prodi Akuakultur) dengan dibimbing Dr. Eko Rini Farastuti, M.Si mengusung judul inovasi “Urban Aquaculture pada usaha budidaya ikan hias di lahan terbatas yang menguntungan dan menjanjikan” berhasil meraih juara III.

Event ini diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor. Tahun 2023 ini merupakan tahun penyelenggaraan ke-8 dari event GID Kabupaten Bogor yang diselenggarakan dalam 9 buah kategori, yaitu perangkat daerah, kecamatan, desa/kelurahan, puskesmas, dosen/peneliti, masyarakat, maghasiswa, SMA/SMK, dan SMP. Program ini diselenggarakan untuk mendorong para innovator untuk terus berinovasi di berbagai sektor.

Semoga penghargaan yang diterima oleh mahasiswa Fakultas Pertaninan ini menjadi motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk berinovasi dan melalui inovasi tersebut dapat memberikan manfaat dan keaslahatan bagi masyarakat luas.

Keywords: GID 2023, juara inovasi mahasiswa, FAPERTA-UNIDA, Peternakan, Akuakultur