Mahasiswa Prodi Agribisnis dan Prodi Akuakultur melakukan kunjungan edukatif pada Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar, Sukabumi. Kunjungan tersebut dilakukan hari Rabu, 15 Mei 2024 dalam rangka pelaksanaan pembelajaran mata kuliah teknologi budidaya.  Tujuan kunjungan adalah memberikan pengalaman riil pada mahasiswa tentang teknologi budidaya air yang diterapkan di BBPAT Sukabumi.

Saat kunjungan tersebut mahasiswa dan dosen diterima langsung oleh Bagian Kerjasama dan HUMAS BBPBAT Sukabumi Bapak Jaka Trenggana, S.Pi.  Kegiatan diawali dengan sambutan dari BBPBAT dan perwakilan dosen Prodi Akuakultur, Fakultas Pertanian (Faperta), Universitas Djuanda (Unida) yang dilanjutkan dengan pengenalan singkat tentang profil BBPBAT Sukabumi. Pada sesi ini mahasiswa dialog secara aktif tentang pengelolaan dan sistem pendistribusian benih yang diproduksi oleh balai. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah pada kolam induk koi dan dilanjutkan tanya jawab langsung seputar teknik pemeliharan induk dan produksi benih koi. Lokasi kedua adalah kolam pembenihan ikan nila gesit dan SULTANA/Seleksi Unggul Selabintana (merupakan varietas ikan nila hasil perkawinan silang dari 10 strain ikan nila yang ada di Indonesia) menggunakan Recirculating Aquaculture System (RAS). Selanjutnya mahasiswa diajak untuk melihat dan mendapatkan informasi tentang induk lele lokal dan induk lele dari berbagai negara. Lokasi terakhir yang kunjungi adalah kolam bioflok ikan nila. Pada sesi ini mahasiswa mengekplorasi informasi secara aktif tentang seputar sistem bioflok yang diterapkan di BBPBAT.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan pemberian sertifikat dari Prodi Akuakultur, Faperta, Unida kepada pihak BBPBAT. Semoga hasil kunjungan dapat memberikan inspirasi kepada mahasiswa agar semakin memahami dan mendalami penerapan teknologi pada budidaya ikan air tawar, aamiin. Wallahu A'lam Bishawab (160524-AKU-ASD).

Kata kunci: agribisnis, akuakultur, bioflok, koi, RAS